Penjelasan tentang Hukum Raoult



sahabat Kimia Indonesia- Hukum Raoult adalah salah satu hukum termodinamika yang menggambarkan hubungan antara tekanan uap dari komponen-komponen dalam larutan ideal dan fraksi mol dari masing-masing komponen tersebut. Hukum ini pertama kali dirumuskan oleh seorang kimiawan Prancis bernama Francois-Marie Raoult pada tahun 1887.

Menurut hukum Raoult, tekanan uap parsial (P) dari suatu komponen dalam larutan ideal yang terdiri dari dua atau lebih komponen tergantung pada fraksi mol (x) dari komponen tersebut dalam larutan. Persamaan matematika dari hukum Raoult adalah sebagai berikut:

P = xP0

Di mana P0 adalah tekanan uap murni dari komponen tersebut, dan x adalah fraksi mol dari komponen tersebut dalam larutan.

Hukum Raoult berlaku hanya untuk larutan ideal, yaitu larutan yang memiliki sifat-sifat ideal, seperti tidak adanya interaksi antara molekul-molekul komponen dalam larutan dan tidak adanya perubahan volume saat larutan terbentuk. Meskipun tidak semua larutan dapat dianggap sebagai larutan ideal, hukum Raoult tetap menjadi dasar dalam pemahaman tentang perilaku larutan dan sangat penting dalam ilmu kimia, terutama dalam bidang kimia fisik dan kimia industri.

Komentar