apa itu ikatan kimia ?

#IDkimia #Kimiaindonesia

 

sahabat Kimia Indonesia-Ikatan kimia adalah gaya tarik-menarik antara atom-atom dalam molekul, ion atau kristal yang mempertahankan atom-atom tersebut bersama-sama. Ikatan kimia terjadi karena adanya perbedaan muatan listrik pada atom-atom yang saling berinteraksi. Ikatan kimia menentukan sifat-sifat kimia dari senyawa-senyawa kimia, seperti titik leleh dan titik didih, sifat reaktif, dan stabilitas.

Terdapat tiga jenis ikatan kimia utama, yaitu ikatan kovalen, ikatan ionik, dan ikatan logam.

  1. Ikatan kovalen terjadi ketika dua atau lebih atom saling berbagi elektron untuk memperoleh stabilitas. Ikatan kovalen dapat terjadi antara atom-atom nonlogam yang mempunyai kecenderungan untuk menarik elektron. Contoh senyawa yang terbentuk dari ikatan kovalen antara atom-atom nonlogam adalah air (H2O) dan karbon dioksida (CO2).
  2. Ikatan ionik terjadi antara atom yang sangat tidak seimbang dalam kebutuhan elektron, sehingga salah satu atom memberikan satu atau beberapa elektronnya kepada atom lain. Ikatan ionik sering terjadi antara logam dan nonlogam, di mana logam kehilangan satu atau beberapa elektron sehingga menjadi kation, sedangkan nonlogam menerima satu atau lebih elektron sehingga menjadi anion. Contoh senyawa yang terbentuk dari ikatan ionik antara logam dan nonlogam adalah natrium klorida (NaCl) dan magnesium oksida (MgO).
  3. Ikatan logam terjadi antara atom-atom logam yang mempunyai kecenderungan untuk berbagi elektron secara kolektif membentuk jaringan atom logam. Ikatan logam umumnya terjadi pada unsur-unsur logam di tabel periodik. Contoh senyawa yang terbentuk dari ikatan logam adalah emas (Au) dan perak (Ag).

Ikatan kimia memainkan peran penting dalam reaksi kimia dan membentuk senyawa-senyawa kimia yang kompleks di alam dan laboratorium.

Komentar